Nov 8, 2007

Tips: Bagaimana Membuat Background Pada Toolbar Windows Explorer atau Internet Explorer?


Pernahkah Anda merasa bosan dengan tampilan Windows Explorer atau Internet explorer yang monoton? Atau Anda menginginkan untuk merubah toolbar pada windows explorer atau internet explorer dengan memberikan background gambar sesuai keinginan Anda? Banyak sekali software di pasaran yang menyediakan konfigurasi untuk menjadikan image sebagai background pada Window Explorer. Tetapi program semacam itu malah dapat membuat registry Anda trouble yang nantinya dapat menjadikan windows menjadi crash. Untuk itu maka cara manual dirasa lebih baik karena cara pengoperasiannya sebenarnya sangat mudah sekali. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah file image yang akan di jadikan background.


Langkah pertama siapkan file image yang akan dijadikan background pada toolbar. Buat image dengan format BMP dengan width 800 pixel dan height 100 pixel. Apabila Anda menggunakan Microsoft Paint maka untuk mengubah sizenya klik Image | Attributes. Jika sudah selesai simpan dan ingat file tersebut Anda simpan dalam direktori (folder) mana, karena file tersebut akan di link-kan ke registry.


Langkah kedua ini langkah inti, buka registry, tekan tombol Start | Run | ketikkan regedit.


Cari pada Handle Key sebagai berikut:


HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Internet Explorer\Toolbar


Sekarang buat DWORD baru, klik kanan | New | DWORD Value. Isikan pada value name BackBitmap dan pada value data isikan alamat (path) letak file image Anda tadi.




ika sudah tekan OK dan buka Windows Explorer atau Internet Explorer.



Demikianlah tulisan singkat mengenai tips merubah background image pada toolbar Windows Explorer atau Internet Explorer. Jika ada saran atau komentar bisa dikirimkan melalui karebet_asli@telkom.net. Untuk membaca tulisan lainnya bisa langsung menuju ke www.sony-ak.com.


Terimakasih.


Credits: Muhammad Syafii




Technorati : , ,

No comments:

URL Submission

Latest

Inside AdSense

HH-Articles

Google Adsense